SHOW MANAGEMENT



Show Management sangat berperan penting dalam sebuah event atau pertunjukan, tim Show Management yang professional sangat menentukan kesuksesan sebuah pertunjukan, karena dapat dikatakan tim Show Management adalah sebuah tim yang mengeksekusi sebuah acara yang sudah di rencanakan dan persiapkan oleh Event Organizer dalam kurun waktu yang lama. Persiapan yang lama tersebut akan menjadi sia sia jika tidak di eksekusi oleh tim Show Management yang handal. Show Management adalah sebuah tim yang merencanakan, mengatur dan menjalankan sebuah acara atau pertunjukan.

show management pada umumnya terdiri dari beberapa posisi, antara lain :


1.      Show Director


Show Director adalah seseorang bertugas merencanakan dan mengatur susunan acara, mulai dari sound, lighting, keluar masuk talent, dan sebagainya.



2.      Floor Director


Floor Director adalah seseorang yang bertugas memastikan seluruh area sudah clear, semua tim sudah berada diposisinya masing masing, mulai dari petugas registrasi sampai dengan area panggung. Memastikan seluruh property atau produksi event sudah terpasang dengan baik, dan mengatur jalur masuk dan keluar undangan atau audiens dalam acara tersebut.



3.      Stage Manager


Stage Manager adalah seseorang yang mengatur dan bertanggung jawab atas segala macam kebutuhan diatas panggung, mulai dari kebutuhan sound, band gear, ligting, dan property yang ada diatas panggung.



4.      Show Communication


Show Communication adalah posisi dimana seseorang yang bertugas untuk mendampingi MC (Master Of Ceremony), seorang yang bertugas diposisi ini harus memahami betul susunan acara yang telah dibuat oleh Show Director, dalam sebuah acara sering kali terjadi perubahan secara mendadak, dan dalam hal ini seorang Show Communication bisa juga dikatakan perpanjangan tangan dari Show Director,  karena setiap perubahan harus disampaikan ke MC.



5.      Liaison Officer (LO)


LO adalah seseorang yang bertugas sebagai penghubung antara dua pihak untuk berkomunikasi dan berkoordinasi perihal sebuah acara. Dalam sebuah event biasanya yang dibutuhkan adalah LO untuk berkoordinasi dengan talent atau pengisi acara. Tidak hanya sampai disitu LO juga bertugas mempersiapkan segala kebutuhan talent sampai dengan acara selesai dan talent meninggalkan tempat acara.



6.      Stage Crew


Stage Crew adalah posisi yang bertugas untuk membantu stage manager mengelola kebutuhan panggung. Biasanya posisi ini terdiri dari beberapa orang sesuai dengan kebutuhan panggung.



7.      Area Crew


Posisi ini bertugas untuk membantu Floor Director mempersiapkan dan mengelola seluruh area acara. Posisi ini juga biasanya terdiri dari beberapa orang, menyesuaikan luas area dan property atau produksi yang ada dalam sebuah acara.



8.      Visial Jockey


Seseorang yang mengatur tampilan layar dalam sebuah pertunjukan.



9.      Operator Sound System


Seseorang yang mengoperasikan sound system dalam sebuah acara atau pertunjukan.



10.  Operator Lighting.


Seorang yang mengoperasikan lighting dalam sebuah acara atau pertunjukan.

Komentar

Postingan Populer